Kamu Susah Belajar Berenang? Ini Lho Tips Belajar Berenang!

Kamu Susah Belajar Berenang? Ini Lho Tips Belajar Berenang ! Berenang adalah salah satu olahraga yang sangat diminati baik bagi perempuan maupun laki-laki. Bermain di dalam air menjadi salah satu alasan olahraga ini diminati banyak orang. Meski begitu, masih ada banyak orang yang tidak bisa berenang. Mungkin kamu salah satunya?

Tenang saja, jika kamu dengan tekun belajar berenang maka lambat laun kamu akan mahir berenang. Berikut ini ulasan mengenai tips agar kamu cepat mahir dalam berenang. Yuk disimak!

Baca Juga : Suka Adrenalin? Berikut Olahraga Ekstrem yang Wajib Dicoba

Langka Pertama Memulai Belajar Berenang

Awal kamu memulai untuk tips belajar berenang, sangat tidak diperbolehkan untuk langsung belajar di kolam yang dalam. Alangkah baiknya jika kamu belajar mulai dari kolam yang dangkal. Jangan malu jika kamu diperhatikan oleh orang sekitar, karena wajar saja karena kamu sedang dalam tahap pembelajaran. Pada tahap ini kamu harus membiasakan diri di dalam air. Kamu bisa berjalan-jalan di dalam air, berendam, dan lain sebagainya.

Langkah Kedua Belajar Berenang

Langkah kedua, kamu harus belajar tahan napas di dalam air. Jika kamu takut untuk tahan napas di dalam air, kamu tidak akan pernah bisa berenang. Jadi beranikan dirimu untuk belajar tahan napas terlebih dahulu. Untuk cara belajar tahan napasnya sendiri, kamu bisa belajar di dalam kolam yang dangkal kemudian berpeganganlah pada tepi kolam. Tarik napas yang dalam, tahan lalu masukkan wajahmu ke dalam permukaan air kemudian embuskan napasmu di dalam air sampai habis persediaan napasmu. Setelah selesai, bangunlah dan berdiri tegap sambil bernapas dengan normal, kamu bisa melakukan ini beberapa kali hingga kamu nyaman dengan kondisi di dalam air.

Langkah Ketika dan Paling Sulit dalam Belajar Berenang

Langkah ketiga, belajarlah mengapung pada permukaan air. Mungkin menurut kamu yang tidak bisa berenang hal ini terlihat sulit, tetapi itu hanya asumsimu sendiri. Untuk belajar mengapung di permukaan air sangatlah mudah. Setelah kamu berhasil melakukan tahap kedua, maka kamu akan terbiasa untuk belajar langkah ketiga dari tips belajar berenang ini. Awalnya lakukan seperti langkah kedua, tarik napas, berpegangan pada tepian, memasukkan wajah pada permukaan air, sampai tahan napasmu di dalam air.

Selanjutnya, angkat sebelah kakimu secara perlahan dan bergantian, kemudian tahan tubuhmu dengan berpegangan pada tepian. Jangan kaku, biarkan tubuhmu dalam keadaan rileks. Maka tanpa kamu perintahkan pun, tubuhmu akan mengapung dengan sendirinya. Bagi pemula memang agak sulit karena belum terbiasa, maka dari itu kamu harus rajin-rajin berlatih. Pastikan kamu dapat mengapung pada permukaan air selama 10 sampai 30 detik. Jika kamu tidak kuat dalam tahan napas, kamu bisa belajar mengapung dengan kepala di atas permukaan air.

Berlatih mengapung dalam tips belajar berenang tidak hanya bisa dilakukan saat tubuhmu menghadap permukaan air tetapi juga bisa dalam keadaan terlentang. Kamu tetap harus berpegangan pada tepian kolam. Setelah kamu merasa bahwa kamu sudah bisa mengapung, lepas tanganmu dari tepian.

Jika kamu benar-benar bisa mengapung, kamu dapat dengan mudah berenang. Untuk pertama kali, kamu boleh memakai alat pembantu berenang seperti pelampung. Gerakan kakimu di dalam air seperti kamu sedang berjalan, dan tanganmu berpegangan pada pelampung. Jika sekiranya kamu sudah bisa maju, lepas pelampung. Kamu bisa belajar dengan menggunakan tanganmu. Mulai gerakkan tangan dan kakimu secara bergantian.

Itulah beberapa ulasan mengenai tips belajar berenang yang harus kamu tahu. Tips terpenting dari belajar berenang adalah kamu harus berani mencoba. Jangan takut untuk belajar, setidaknya kamu bisa meminta tolong pada temanmu yang bisa berenang untuk melatih. Semoga artikel ini bermanfaat.

Updated: 28/02/2020 —

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *