Yuk Ketahui Manfaat Olahraga Planking!

Yuk Ketahui Manfaat Olahraga Planking! Memiliki kesibukan yang padat bukan alasan bagi kamu untuk tidak bisa berolahraga. Pasalnya, banyak jenis olahraga yang sudah bisa kamu lakukan di sela kesibukan yang kami jalani. Olahraga tersebut pun hanya memakan waktu beberapa menit saja dan tentunya itu sudah cukup.

Baca Juga : ASIAN GAMES 2022 di Tiongkok, Sangat Dinantikan

Salah satu olahraga yang bisa kamu lakukan di sela jadwal yang padat adalah Planking. Bentuk latihan yang satu ini amat sangat efektif dan tidak terlalu menyita waktu kamu. Kamu pun tak memerlukan banyak tempat untuk melakukan olahraga yang satu ini. Adapun, terdapat beberapa manfaat yang bisa kamu rasakan ketika sudah memulai olahraga ini. Di antaranya adalah:

Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Manfaat olahraga planking yang pertama ialah dapat meningkatkan metabolisme tubuh kamu. Hal ini karena planking sendiri bisa membakar kalori lebih banyak apabila dibandingkan dengan latihan otot perut atau yang sering disebut sit up. Planking juga sangat cocok bagi kamu yang sehari-harinya bekerja di depan komputer.

Membuat Tubuh Lebih Fleksibel dan Lentur

Dalam olahraga planking, fleksibilitas bisa dikatakan menjadi manfaat yang paling utama. Kenapa? Karena memang selain menguatkan otot pada tubuh, olahraga ini juga membuatmu menahan berat badan setiap harinya lewat gerakan-gerakan yang dilakukan. Tentunya kamu nggak perlu lagi dong ya mengeluh sakit leher atau apapun karena salah posisi tidur. Sebab, tubuhmu sekarang sudah jadi lebih lentur.

Membantu Mengubah Postur Tubuh Menjadi Lebih Baik

Apabila kamu rutin melakukan olahraga ini, maka manfaat olahraga planking yang satu ini tentu bisa kamu dapatkan. Dengan rutin melakukannya, postur tubuhmu dijamin akan semakin lebih tegap dan tentunya lebih stabil. Kamu bisa mulai mencobanya jika tidak percaya.

Risiko Cedera Pada Tulang Belakang dan Punggung Akan Semakin Berkurang

Pada dasarnya, olahraga ini bisa membentuk otot pada tubuhmu dengan cara yang cukup sederhana dan tidak terlalu keras. Oleh karena itu, bisa dikatakan jika rutin melakukannya akan berdampak pada kuatnya otot-ototmu serta tulang punggung yang kamu miliki.

Membantu Memperbaiki Keseimbangan Tubuh

Manfaat olahraga planking yang selanjutnya adalah mampu dalam hal memperbaiki keseimbangan tubuh. Apabila kamu adalah tipe orang yang mudah sekali terjatuh, maka planking harus benar-benar rutin kamu lakukan. Salah satu sebab orang sering terjatuh adalah karena otot perutnya tidak cukup kuat memberikan keseimbangan yang dibutuhkan. Itulah mengapa planking sangat bermanfaat dalam hal ini.

Semakin Merasa Bahagia dan Tidak Stres

Perasaan ini bisa dirasakan ketika selesai berolahraga jenis apapun, tak hanya planking saja tentunya. Namun, hal ini juga tergantung pada individu masing-masing. Dengan melakukan olahraga dengan baik, maka kita akan merasa bahwa tubuh kita sehat dan baik-baik saja. Oleh karenanya, energi positif tersebut bisa membuat apa yang kita pikirkan menjadi kenyataan.

Setelah mengetahui manfaat olahraga planking di atas, masihkah kamu ingin mencobanya? Tentu jika kamu tidak terbiasa olahraga maka kamu akan merasa enggan. Namun, kita juga harus menjaga tubuh dengan sebaik-baiknya, bukan? Salah satunya adalah dengan berolahraga ini. Jika kamu ribet pergi ke tempat olahraga, kamu bisa memanfaatkan olahraga planking ini dan harus rutin melakukannya.

Demikianlah sedikit ulasan mengenai manfaat olahraga planking yang bisa kamu dapatkan. Meski sederhana, jika kamu tidak rutin melakukannya, maka hasil yang didapat pun tidak akan maksimal. Itulah mengapa olahraga ini sangatlah penting. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan kamu ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *